STUDI PENGARUH STP (SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING) TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI DI GADING CAFE, ARUT SELATAN, PANGKALAN BUN

Edi Setiawan, Sunarti Sunarti

Sari


Penelitian ini mengkaji pengaruh variabel Segmenting, Targeting, dan Positioning terhadap keputusan pembelian konsumen di Gading Cafe, yang berlokasi di Jalan Ahmad Wongso, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Dengan menggunakan sampel 86 responden, penelitian ini menetapkan Segmenting (X1), Targeting (X2), dan Positioning (X3) sebagai variabel bebas, dan Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Analisis regresi menghasilkan persamaan Y = 13,657 + 0,014X1 + 0,354X2 + 0,333X3 + e, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,565, menunjukkan bahwa 56,5% variabel keputusan pembelian dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Uji parsial (t) mengungkap bahwa hanya Targeting (X2) dan Positioning (X3) yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan Segmenting (X1) tidak. Secara simultan, uji F menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari ketiga variabel terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil ini mengindikasikan pentingnya strategi Targeting dan Positioning dalam menarik minat konsumen di Gading Cafe

Kata Kunci


Segmenting, Targeting, Positioning dan Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anjelisa. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Terhadap Keputusan Pembelian Produk BP-SMART Protection Di AJB Bumiputera 1912 Cabang Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA, Vol.6 No.4, September 2018.

Assauri, Sofyan. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Assauri, Sofyan. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Faris Hamdan. (2021). Pengaruh Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Furniture.

Fifi Frisilia Septiani. (2022). Pengaruh Segmenting, Targeting, Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Banyuwangi. Jurnal Penelitian Ekonomi, 1(6), 21-31.

Gloria Vidia Pomantow, Lisbeth Mananeke, Rotinsulu Jopie Jorie. (2019). Analisis Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maxx Coffee di Hotel Aryaduta Manado. Jurnal EMBA, No.4, Juli 2019.

Kartajaya, Hermawan. (2009). Markplus Basics. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2014). Principles of Marketing. 15th Edition. Pearson Education, Harlow, England

Nur Farida, Ika Selviana. (2019). Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Handphone (Studi Kasus Rizky Mobile dan Comp Gresik). Vol.8 No.2, Desember 2019.

Nurlaela Eva Fuji Lestari. (2017). Pengaruh Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Merek Zoya Pada Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas BSI Serta Dampaknya Terhadap Brand Loyalty.

Ratnawili, R., Febrianty, D. (2023). Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Baju Di PTM Bengkulu. Journal Ekombis Review, Vol.11 No.1, Januari 2023.

Satrio Sudarso. (2022). Analisis Implementasi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai ABG Sidoarjo. Jurnal Riset Ekonomi, 5(1), 7-16.

Sunyoto, Danang. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS

Tumini, Joni Hendra, Sentris Ranjanis. (2021). Pengaruh Strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Sepeda Motor Matic di Kota Probolinggo). Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, Vol.9 No.2, September 2021