HUBUNGAN ANTARA RELATIONSHIP MARKETING DAN LOYALITAS NASABAH DI BANK KALTENG CABANG PANGKALAN BUN

Fifit S Ni'mah, Tika Pranindyastuti

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh manfaat finansial, manfaat struktural, dan manfaat sosial terhadap loyalitas nasabah di Bank Kalteng cabang Pangkalan Bun. Latar belakang penelitian ini adalah adanya persaingan di sektor perbankan dalam menarik dan mempertahankan nasabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 nasabah dari populasi sebanyak 15.822 nasabah. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa manfaat finansial (X1), manfaat struktural (X2), dan manfaat sosial (X3) berpengaruh positif secara parsial terhadap loyalitas nasabah dengan masing-masing nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (X1: 2,670; X2: 3,445; X3: 3,938 > 1,984). Secara simultan, ketiga variabel bebas ini juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (F hitung = 22,788 > F tabel = 2,70, signifikansi 0,000 < 0,05). Dengan koefisien determinasi sebesar 64,5%, penelitian ini menyimpulkan bahwa ketiga manfaat ini secara bersama-sama mempengaruhi loyalitas nasabah Bank Kalteng Cabang Pangkalan Bun

Kata Kunci


Relationship Marketing, Financial Benefits, Structural Benefits, Social Benefits, Loyalitas Nasabah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, A. (2020). Pengaruh Relationship Marketing, Nilai Taksiran dan Undian Berhadiah terhadap Loyalitas Nasabah dalam Memilih Produk Gadai Emas di Bank Syariah Mandiri KC 16 Ilir Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Hamzah, A. I. P. (2019). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Peningkatan Pengunjung pada Hotel Harper Perintis Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dewi, I., et al. (2008). Pendekatan Relationship Marketing untuk Loyalitas Pelanggan. Sarathi, 15(1).

Farida, N. (2008). Ikatan Finansial, Sosial, Struktural terhadap Loyalitas Nasabah BNI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 40(1). Universitas Diponegoro.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hafid, I. (2019). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah BRI Amparita Kab. Sidrap. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1).

Chomis, K. (2020). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Sumut Syariah KCP H.M. Yamin, Medan. Universitas Islam Sumatera Utara.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-12, Jilid 1 & 2). Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sastra, L. M., Sakti, D. P. B., & Furkon, L. M. (2018). Analisa Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Segara Anak Kencana, Mataram. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(2).

Ningsih, S. A. (2021). Pengaruh Relationship Marketing dan Service Quality terhadap Loyalitas Nasabah melalui Customer Satisfaction pada Bank Syariah Indonesia KCP Kuta. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Dewi, S. C. (2019). Pengaruh Relationship Marketing dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Nagari Cabang Padang Panjang). Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningtyas, T. (2020). Pengaruh Relationship Marketing dan Keunggulan Produk terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Unit Mikro Bank BRI Syariah KCP Mojoagung). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara.

Nomari, Y. (2021). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening pada Bank BRI Unit Muara Rupit. Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang