STRATEGI PEMASARAN BERBASIS STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) DI PT. NAJAH HURRAHMAN, BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMROH, PANGKALAN BUN
Sari
PT. Najah Hurrahman Pangkalan Bun adalah perusahaan biro perjalanan haji dan umroh dengan izin resmi Kemenag RI, berdiri sejak 2011 dan berlokasi di Pangkalan Bun. Di industri yang kompetitif ini, perusahaan mengedepankan strategi segmenting, targeting, dan positioning (STP) untuk menonjolkan layanannya. Segmentasi geografisnya mencakup wilayah Pangkalan Bun dan sekitarnya, sementara demografi utamanya adalah ibu-ibu pengajian berusia 50 tahun ke atas. Secara psikografis, perusahaan menyasar pelanggan berpendapatan menengah ke bawah yang mencari layanan sederhana namun memuaskan. Target pasar utama adalah ibu-ibu pengajian, dan positioning dilakukan dengan menanamkan citra merek religius yang mendalam, membangun kesan bahwa perjalanan haji dan umroh yang ditawarkan membantu memenuhi panggilan spiritual. Teknik penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan hasil yang menekankan pentingnya STP untuk memperkuat daya saing layanan haji dan umroh
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad Thib Raya, Siti Musdah Mulia. 2003. Menyelami Seluk Beluk Ibadah Dalam Islam, Jakarta: Prenada Media
Aliami, S., Muslih, B., & Sardanto, R. (2022). Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning pada Batik Tulis Ningrat Prasojo. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 7(1), 67-78.
ANGGRAENI, A. (2021). ANALISIS STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING PADA CAFE BERKONSEP ONE STOP SERVICE (Studi Kasus Pada Sena Cafe Kroya) (Doctoral dissertation, UIN PROF. KH SAIFUDDIN ZUHRI).
Anggraini, D. (2018). Penerapan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Produk-Produk Dan Jasa Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Kspps Bmt Adzkiya Khidmatul Ummah Metro (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Asdi, A., Adziem, F., & Rosnaini, R. (2019). ANALISIS PEMASARAN MOBIL MAZDA PADA PT KUMALA CELEBES MOTOR MAZDA MAKASSAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SEGMENTATION, TARGETING, POSITIONING. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 1(1), 46-55.
Departemen Agama Direktorat Jenderal, Undang-undang RI Nomer 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Jakarta: 2009
Dewi Tafana, H. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Penentuan Segmentasi, Target Dan Posisi Pasar Dealer Honda (Studi Kasus Di PT. Nusa Motor Dolopo Madiun) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Himawan, A. F. I., & Faisal, M. E. (2020, June). Positioning Travel Sites Online Traveloka According to Student Perception in Gresik using Method Multidimensional Scaling. In 23rd Asian Forum of Business Education (AFBE 2019) (pp. 178-184). Atlantis Press.
Mahalubi, M. A. (2021). Studi Deskriptif Analisis Penerapan Segmenting, Targeting Dan Positioning (Stp) Pada Restoran Pirate Dinner di Tengah Pandemi (Doctoral dissertation, STP AMPTA Yogyakarta).
Mujahidin, A., & Khoirianingrum, I. (2019). Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) pada Zakiyya House Bojonegoro. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 2).
Nurhaedah, N. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Griya Ib Hasanah Dengan Pendekatan Stp Pada Akad Musyarakah Mutanaqisah (Studi Pada Pt. Bni Syariah, Tbk. Kantor Cabang Makassar)(Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Putra, M. I. M., Lavianto, S., & Artana, I. M. (2022). Implementasi analisis stp (segmentation, targeting, positioning) pada usaha kue tradisional djaje. Jurnal Tekinkom (Teknik Informasi dan Komputer), 5(1), 78-84.
Rismawati, F. F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2019). Strategi Pemasaran Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 68-72.
Rosyida, A., Heriyani, T., Fuadi, I., & Dinia, H. (2020). Strategy segmenting, targeting, dan positioning: Study on PT Sidomuncul. Journal of Islamic Economic Scholar, 1(1).
Sucahyo, P. D. (2018). Penerapan Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) produk roti pada Citra Kendedes Cake and Bakery: Studi kasus di Citra Kendedes Cake and Bakery Cabang Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Wulandari, D. Y. (2020). Analisis segmentating, targeting, dan positioning pada strategi pemasaran gerabah di sentra kerajinan keramik kelompok makmur jaya kelurahan kebun lada kecamatan hinai kab. Langkat. JUMANT, 12(1), 38-48.
Zulfitri, Z., Nawawi, Z. M., & Aslami, N. (2024). Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting, Dan Positioning Dalam Memasarkan Produk-Produk Syariah Di PT. Sun Life Medan. Jurnal Manajemen Akuntansi (Jumsi), 4(2), 411-431.